Rabu, 15 Juni 2016

VISUAL ART ADVERTISING

VISUAL ART ADVERTISING

“ANALISA IKLAN DENGAN PENDEKATAN ISYARAT-ISYARAT PERSEPSI VISUAL”

Oleh:
Myesha Adira     915140031
Sarah Shafira     915140037




ULTRA SARI KACANG IJO
      
     

  §Warna:
Warna dari background adalah hijau, yang secara keseluruhan mendominasi iklan ini. Dikaitkan dengan metode comparative dan subjective, disini produk ingin mengasosiasi warna untuk memberi efek emosional dengan menggambarkan inti produk yang diiklankan sendiri yaitu sari dari kacang hijau. Warna hijau juga memberi kesan kesegaran dan keseimbangkan karena sering disetarakan dengan alam.
  § Form:
Komponen yang digunakan dalam iklan cetak ini adalah shape, yaitu kombinasi dari titik-titik dan garis yang membentuk pola yang mengacu pada bentuk natural didalam grafis. Bentuk dasarnya termasuk ke dalam jenis parallegram, karena terdiri dari 4 sisi yang bersebrangan,  parallel dan sama panjang.


§ Depth:
Didalam iklan ini, bentuk produk yang merupakan kotak memberikan efek berat dan massa, menjadikan produk memiliki efek bervolume.


§ Movement:Gerakan atau movement dalam iklan ini tujuannya untuk mempengaruhi respon syaraf pengelihatan manusia. Gerakan tersebut terdapat pada efek kacang hijau dan air sarinya yang seolah bergerak. Dan termasuk ke dalam jenis implied movement.



RICHEESE FACTORY

§Warna:
Warna dasar atau background nya adalah hitam, yang artinya dapat menampilkan perspektif dan kedalaman, serta membantu memberikan penekanan pada warna-warna yang lain. Sedangkan untuk warna produk, yaitu cokelat kemerahan, dan tambahan warna terang kuning dari efek api yang kontras dan menonjol dengan background. Jika dikaitkan, secara objective akan mudah menarik perhatian mata.


§Form:
Komponen yang digunakan dalam iklan cetak ini adalah shape, yaitu kombinasi dari titik-titik dan garis yang membentuk pola yang mengacu pada bentuk natural didalam grafis. Bentuk dasarnya termasuk ke dalam jenis parallegram dan adaperpaduan bentuk cicle, seperti pada wujud semacam mangkuk yang berada di tengah.   
§Depth:
Didalam iklan ini, bentuk produk merupakan kombinasi dari beberapa shape. Didukung dengan beberapa kombinasi dari faktor-faktor, seperti textural gradient (tekstur) dan interposition (penempatan) dalam penataan produk.
§Movement:
Gerakan atau movement dalam iklan ini tujuannya untuk mempengaruhi respon syaraf pengelihatan manusia. Gerakan tersebut terdapat pada efek api yang 
muncul dibelakang, dan termasuk ke dalam jenis implied movement karena gambaran terlihat seperti api yang beku (still image).






WIKO RIDGE 4G FEVER



●Warna:
Background dari latar belakang tersebut adalah hitam karena sang produsen ingin membuat penekanan pada warna-warna lain.
Sedangkan untuk tulisan sang produsen pun memilih paduan warna kuning untuk penekanan kata dan putih untuk penjelasan, karena warna kuning tersebut melambangkan energik dan warna putih melambangkan cahaya, kesederhanaan dan kebersian.
Jadi maksudnya WIKO RIDGE 4G FEVER merupakan smartphone yang dengan desain elegant bodynya yang mampu menyala di dalam kondisi gelap/glow in the dark.
Metode yang di gunakan untuk menguraikan warna adalah Subjective karena warna pada iklan tersebut berkaitan dengan maksud pikiran seseorang atau asosiasi dari warna yang memiliki efek pada reaksi emosional.
●Form:
Komponennya adalah Shapes karena kombinasi dari titik-titik dan garis yang membentuk pola yang mengacu pada bentuk natural di dalam desain grafis

●Depth:
Gambar pada iklan tersebut memperlihatkan kedalaman (depth) berhubungan dengan volume, ketika tiga bentuk dasar memiliki volume maka ia akan memperlihatkan berat dan massa.
●Movement:
Gerakan / movement merupakan atribut yang terakhir yang mempengaruhi respon syaraf penglihatan manusia maka dari itu gerakan yang sesuai dengan gambar pada iklan tersebut adalah Graphic movemen.
Graphic movement adalah gerakan mata yang mengamati sebuah layout gambar dan mencari elemen-elemen grafis.

I-GEAR EARPHONES


● Warna:
 Background yang digunakan hitam karena warna hitam berfungsi membuat penekanan pada warna-warna lain.
Untuk tulisan memilih paduan warna merah , hijau dan putih untuk penekanan kata dan penjelasan. Karena warna merah melambangkan suatu energi keberanian sedangkan hijau melambangkan suatu pembaharuan dan putih adalah klasik. Jadi di simpulkan bahwa I-gear merupakan earphones yang bergaya klasik dengan suara bass yang super baik. Metode yang di gunakan untuk menguraikan warna adalah Subjective karena warna pada iklan tersebut berkaitan dengan maksud pikiran seseorang atau asosiasi dari warna yang memiliki efek pada reaksi emosional.
Form:
 Komponennya adalah Garis (Line) karena titik-titik yang di gambar dengan ukuran yang sama dan jarak yang berdempetan. Garis bisa berbentuk lurus, melengkung dan kombinasi keduanya. Garis juga memiliki asosiasibagi yang melihatnya.
●Depth
Gambar pada iklan tersebut memperlihatkan kedalaman (depth) berhubungan dengan volume, ketika tiga bentuk dasar memiliki volume maka ia akan memperlihatkan berat dan massa.
●Movement
Gerakan / movement merupakan atribut yang terakhir yang mempengaruhi respon syaraf penglihatan manusia maka dari itu gerakan yang sesuai dengan gambar pada iklan tersebut adalah Graphic movement. Graphic movement adalah gerakan mata yang mengamati sebuah layout gambar dan mencari elemen grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar